Ajari si Bayi tidur sendiri

Barusan aku chat dengan Anjar untuk memberikan ucapan selamat atas kelahiran bayi-nya (yg ternyata sekarang sudah 1 bulan, wah ucapannya telat banget ya?).  Dan dari sekejap pembicaraan itu terlontar sebuah pertanyaan dari Anjar,
priandoyo: begadang terus nih bang
priandoyo: mpe kapan to?
priandoyo: dah 1 bulan kok masih suka begadang
priandoyo: malah kayaknya makin parah

Karena Kevin di usia 1 bulan sudah tak membuat kami begadang lagi, Aku agak heran dan bertanya lebih jauh apa yg menyebabkan Anjar masih saja begadang, dan demikian jawabannya:
priandoyo: ya tiap malam minimal bangun 3-4 kali
priandoyo: tiap bangun itu butuh >1 jam untuk nidurinnya lagi
priandoyo: dah pake nyanyi2, goyang2
priandoyo: susah juga

Kelihatannya yg membuat Anjar begadang adalah karena ternyata Azkia (anaknya Anjar) membutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk bisa tertidur lagi setelah terjaga. Wajar jika hal ini membuat orang tuanya begadang.

Aku jadi teringat bahwa Kevin di usia segitu sudah bisa tidur sendiri. Dia tak begitu membutuhkan digendong-gendong, digoyang-goyang apalagi pakai nyanyi2 untuk bisa tidur. Pada awalnya memang Kevin sempat sulit juga untuk tidur dan membuat aku dan Dinda kelabakan. Namun setelah aku membaca sebuah artikel bahwa semestinya bayi itu diajarkan untuk bisa tidur sendiri, maka kami mengajarkannya dan berhasil.

Bayi menjadi sulit tidur biasanya juga orang tuanya tidak tega mendengar bayi-nya menangis. Padahal konon bayi tidak akan apa-apa dibiarkan menangis selama kita bisa menunjukkan bahwa kita mendengarkan keluhannya dan tidak mengacuhkannya. Dalam kasus Kevin, pada masa awal-awal kelahirannya dulu, kami mencoba mencari sebab mengapa Kevin sulit tidur dan memfasilitasinya sehingga si ganteng ini mau tidur. Pada akhirnya kami menemukan bahwa Kevin merasa lebih nyaman jika tidur telungkup daripada telentang. Oleh karenanya, setiap Kevin nggak mau tidur, kami menidurkannya dengan posisi telungkup dan Kevin-pun tertidur. Setelah kami lakukan itu beberapa kali maka Kevin belajar sendiri bahwa dia harus telungkup agar bisa tidur nyenyak dan Kevin telungkup sendiri jika sudah mengantuk.

Apa yg menjadi penyebab bayi sulit tidur memang tidak sama satu dengan yg lain. Sebagai orang tua kita perlu menemukan ini supaya kita memberikan solusi dan mengajarinya tidur. Walaupun memang rasanya sedikit nggak tega membiarkan si kecil menangis, namun pada jangka panjang ini lebih baik bagi si bayi yg menjadi lebih mandiri dan juga bagi orang tua yg nggak harus terlalu lama begadang. Lagipula, menangis itu khan juga berguna bagi perkembangan paru2 si bayi bukan?

Nah, bagaimana dengan anda? Apa tips anda supaya bisa mengurangi jam begadang karena punya bayi?

Comments

  1. Hohoho, langsung ditulis, thanks bang Al. Berarti sudah terbukti ya, nanti saya coba terapkan deh. Sebenarnya nasihat seperti ini sudah sering saya dengar, tapi rasa-rasanya kalau sudah berhadapan dengan si anak ga tega juga. Jadi terpaksa deh harus digoyang-goyang biar diem.

    ReplyDelete
  2. Bank, dulu waktu anak kami masih kecil, ada pendapat dari teman tentang resiko SIDS (sudden infant death syndrome), barusan saya cari lagi artikel mengenai hal itu.. salah satunya di http://www.kidshealth.org/parent/general/sleep/sids.html

    keliatannya resiko SIDS itu menjadi lebih besar jika bayi ditidurkan telungkup....

    dari artikel itu kebanyakan SIDS terjadi di usia bayi 2 - 4 bulan.

    mungkin bisa jadi bahan pertimbangan juga buat Anjar..

    ReplyDelete
  3. @anjar: Konon bayi menangis itu karena ingin mengatakan sesuatu. Jika aksi yg kamu lakukan itu tidak membuat bayi segera diam, berarti ada sebab lain dia menangis. Dan itu yg harus dicari. Jika ketemu, kamu bisa menghemat waktu 1 jam untuk menidurkan bayi.

    @suryo: makasih mas atas info-nya. Saya dulu juga pernah dapat info demikian. Tapi setelah tanya dokter nggak apa2 tuh, asal waktu telungkup diawasi (dijaga jangan sampai pernafasannya tertutup). Mungkin saya aja yg lagi beruntung kali ya?

    ReplyDelete
  4. dulu pas anak saya masih kecil, sempet digendong-gendong, ditimang-timang biar bobok. Besok bank kalo punya anak lagi tak praktekin deh

    ReplyDelete
  5. bank al,

    kalo pengalaman saya dari anak ke-2 (umur 6 bl), bayi bangun malem biasanya karena:
    1. kegerahan atau hawa panas.
    2. lingkungan kurang tenang (baca: orang tuanya ndak tenang tidurnya).
    3. pampers yang sudah menebal :)
    4. jam biologisnya berubah, biasanya karena pulang kemaleman atau sehabis pergi jauh.
    5. haus atau laper.
    6. dll, bisa dikonsultasikan ke bayinya langsung :)

    Untuk tipsnya, penuhi aja kebutuhannya kali ya...

    salam..

    ReplyDelete
  6. waduh...krna belum punya yaa ngga bisa ngomong apa2 nih...
    klo pun ada, yaa gantian deh ama istri :D.
    smoga aja punya istri yang sholehah, biar bisa nurut :D. amiin :)
    salam knl bang:D

    ReplyDelete
  7. Waduh bang! gimana mau punya bayi orang calon bapaknya saja belum ketemu :P

    ReplyDelete
  8. Salam Kenal ya....

    saya seorang ibu yg punya bayi usia 4 bulan 22 hari
    belakangan bayi saya baru bisa tidur sesudah azan subuh
    apalagi tadi pagi,dia baru mau tidur stelah saya ajak bermain keluar rumah sesudah sholat subuh..

    thnx atas infonya...insyaAllah akan saya perhatikan apa maunya bayi saya sblm tidur

    ReplyDelete
  9. [...] Gw cenderung lebih setuju dengan pendapat bahwa anak usia 6 bulan kebawah tidak perlu diajarkan kemandirian karena masa ini bayi membutuhkan kasih sayang, jadi dekapan kasih sayang orang tua sangat dibutuhkan, oleh karena itu gw kurang setuju dengan pendapat yang satu ini. [...]

    ReplyDelete
  10. makasih share nya..
    tp gmn kalo bebi nya sudah terlanjur senang di gendong untuk ditidurkan..?
    saya agak kesulitan mengadapi rengekannya.., selain jg tentunya tidak tega, apalagi ini adalah putri pertama saya..

    ReplyDelete
  11. anak saya dr lahir sampe usia 3 bln jg mntanya d gendong. Klo di tdurkan psti menangis. Stlh adzan magrib bru bisa d tidurkan di tempat tidur. Tapi masuk usia 3,5 bulan saya biasakan tidur siang n malam tanpa di gendong. Kalau dy sdh trlihat ngantuk lngsung saya baringkan posisi miring dngn saya di sampingnya. Alhamdulillah msuk usia 4 bulan skrng kalau mengantuk tinggal taruh di kasur lngsung tidur sendiri.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurus Mencari Jodoh

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor