Interface Language

Sebelumnya interface language yg saya gunakan untuk wordpress ini adalah ID, alias bahasa Indonesia. Pada awalnya memang tampak menarik dan mungkin membanggakan (bagi sebagian orang) melihat bahasa yg sering digunakan sehari-hari muncul sebagai salah satu opsi bahasa pada interface wordpress.

Sayangnya, setelah beberapa lama menggunakan interface ini, saya bukannya menemukan lebih banyak kemudahan, namun justru lebih banyak kesulitan memahami apa yg dimaksud oleh interface tersebut. Entahlah, apakah bahasa Indonesia saya yg kurang baik, atau interface-nya yang kurang pas ?

Btw, apa sih gunanya menterjemahkan interface ke bahasa Indonesia ? bukankah bahasa Inggris sudah menjadi bahasa sehari2 di Internet ? Dan kalau memang demikian, masihkan ada gunanya mengubah interface menjadi bahasa Indonesia ?

Update:

Setelah membaca komentar Pak Amal dan juga berbagai referensi yg beliau rujuk. Saya pikir mungkin memang ada gunanya juga interface berbahasa Indonesia untuk orang yg mengalami kendala dalam bahasa Inggris (bukan untuk saya atau teman2 yg tidak mengalami kendala dalam bahasa Inggris).

Comments

  1. hehe, sama kalo baca diktat kuliah yang diterjemahin itu malah jadi anehhhh :))

    *btw, someone new kok bang, doain ya bang.. biar cepet nyusul bang al dan nyonyah*

    ReplyDelete
  2. Tetap ada guna, yaitu untuk mereka yang dari awal menggunakan produk tersebut dalam bahasa Indonesia dan membaca petunjuk pemakaian juga dalam bahasa Indonesia.

    Jangan kuatir, persoalan seperti di atas juga dijumpai oleh pemakai bahasa non-Inggris lainnya. :)

    ReplyDelete
  3. ketika berubah jadi bhs indonesia, yang kuperhatikan bukanlah bahasa indonesianya, tetapi linknya ....
    misal : kelola, ketika kursor diarahin ke sana, ada kata edit, jadi langsung konek maksudnya :-)

    ReplyDelete
  4. Amal Yap, interface tersebut berguna untuk yg sejak awal menggunakan bahasa Indonesia dan tidak punya niat untuk berpindah ke interface yg berbahasa Ingris. Kalau iya, nanti pas pindah bingung lagi.

    Btw, keponakan saya yg umur 5 tahun sudah bisa main game yg interface-nya bahasa Inggris. So, apa iya ada perlunya untuk belajar sejak awal dengan interface bahsa Indonesia ?

    Ilma iya, kadangkala meng-indonesiakan itu bukannya mempermudah, namun malam membuat sulit

    Luthfi jadi kerja dua kali dong ya ? :D

    ReplyDelete
  5. Boleh saja beranalogi, tapi sulit untuk digeneralisasi. Ada ribuan pemakai dengan latar belakang berlainan dan perangkat lunak yang dipakai juga bervariasi.

    Jika hanya contoh, saya juga pernah menerima pengakuan dari pemakai akhir, berbahasa Inggris pas-pasan, yang merasa terbantu dengan adanya Windows XP berbahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Amal: Komentar anda menurut saya agak tidak nyambung dan agak terasa defensive. Tapi setelah googling, saya mengerti posisi anda dan mengapa anda berkomentar seperti itu. OK deh, selamat berjuang ya ? :)

    ReplyDelete
  7. gunanya untuk mengunduh teknologi dari mereka yang pinter, Bank. mulai dulu dari bahasa nanti mengembangkan jejaring. apalagi kalo kita sampai punya pranala luar, wuah asyik sekali ituh. :)

    ReplyDelete
  8. karena terlanjur akrab dengan yang versi inggris, jadi agak kaku kalo pake yang Indonesia. jadi bukan karena rasa kebanggan pada Indonesia kecil, tapi karena teknologi ini terkenal duluan di luar sono, makanya terkenal disininya juga mirip aslinya. kalo pengen bahas indonesia dipakai untuk vocabulary dalam dunia teknologi, ya kita (??) harus menciptakan teknologi yang belum pernah terpikirkan itu.

    ReplyDelete
  9. mas. kalo mau ngerubah blog language dr bhs inggris ke bhs indonesia caranya gimana ya??
    mohon bantuannya. hihi

    mau nanya juga. kalo mau buat salju2 kayak di blog nya mas aal ini gimana?

    matur nuhun before...

    ReplyDelete
  10. @harikuhariini: Pertanyaannya sulit dijawab, karena cara mengubah language pada blog tergantung blog engine apa yg digunakan (wordpress, blogspot, bikin sendiri, etc).

    Aku sendiri pakai wordpress.com yg gratisan. Salju2 ini juga dari wordpress, bukan aku yg bikin. Di kuwait ndak ada salju soalnya :D

    ReplyDelete
  11. hihi..oooo gitu ya mas.
    saiya jg pake yg gratisan.
    br mulai ngeblog.
    jd masih meraba2 jg.
    hihi.
    eh, bknnya di kuwait ada salju yach? Ahmed syah-elju.
    hehe :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurus Mencari Jodoh

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor