Kidal dan Otak

OtakGambar di sebelah kiri ini adalah gambar yang aku dapat dari Cak Nur pada diskusiku pada milis psikologi tentang otak kiri dan otak kanan dan hubungannya dengan orang yg memiliki preferensi kidal atau non-kidal.

Kidal atau tidak itu sebetulnya bisa disebabkan dua faktor: Nature (bawaan lahir) atau nurture (pengasuhan). Orang yg kidal karena bawaan lahir, terjadi karena otak kanannya lebih dominan daripada otak kirinya.

Sementara bisa juga seseorang tidak tampak kidal namun karena budaya tidak berpihak pada orang kidak maka dia berusaha untuk menjadi tidak kidal walaupun sebenarnya otak kanannya lebih dominan daripada otak kiri.

Aku adalah seorang yg kidal. Namun aku menduga ada kemungkinan lain mengapa seseorang menjadi kidal karena data-data yang ada di sana tidak terlihat cocok bagiku. Semua fungsi yang dilakukan otak kiri ternyata justru bekerja dengan sangat baik buatku. Sebaliknya fungsi yg dilakukan otak kanan tidak sepenuhnya bekerja buatku. Seperti misalnya saja "art awareness" yang aku miliki sangat memble dan imajinasiku tidak begitu baik.

Dugaan sementara adalah nurture. Dunia pendidikan di Indonesia saat ini lebih berpihak pada pengasahan otak kiri daripada otak kanan. Oleh karena itu, orang yg semestinya didominasi oleh otak kanan menjadi cakap dalam berhitung, berbahasa, reasoning dan kemampuan science.

Hal itu juga tidak cocok bagiku. Karena sejak kecil aku sudah handal dalam matematika dan berbahasa. Bagiku, mempelajari dua mata pelajaran ini hampir tanpa effort sehingga aku bisa menjadi pelajar unggul tanpa pernah sekalipun mengulang pelajaran di rumah. Jika memang kemampuan berhitung, berbahasa dan reasoning ini didapat karena nurture, maka semestinya aku akan mengalami hard time untuk mempelajarinya karena kemampuan itu bukan bawaan lahir.

Sebaliknya Music Awareness aku dapati lebih lambat daripada kemampuan matematika. Sewaktu kecil aku tidak begitu suka musik dan tidak pintar bernyanyi. Aku baru mulai menguasai musik ketika aku ikut kurus organ, belajar gitar, dan mengenal cinta monyet (tahu sendiri lah, anak ABG yg lagi cinta monyet khan musti nyanyiin lagu2 cinta). Walhasil memang sekarang aku bisa bermain musik dan ternyata suaraku lumayan bagus sehingga aku bisa menjadi salah satu juara menyanyi pada acara 17 agustusan kemarin walaupun cuma tingkat RT. Sepertinya kok Music Awareness yg katanya produk otak kanan ini malah aku dapat dengan nurture.

Sebetulnya masih ada teori lain, yaitu bahwa sebetulnya Music Awareness, Numbering skills, Spoken dan Written language ini adalah bakatku bawaan lahir. Hanya karena faktor pemicu kemunculan Music Awareness lebih lambat datangnya, maka kemampuanku bernyanyi muncul agak terlambat. Coba deh misalnya aku sudah bisa bernyanyi sejak zaman dahulu kala, mungkin aku sekarang sudah menjadi salah satu Indonesian Idol (lah, memangnya waktu dulu ada acara Indonesian idol pho ?).

Well, akhirnya diskusi dihentikan dengan kenyataan bahwa ada 1% anomali dari penelitian tentang hubungan dominasi bagian otak dengan kidal atau tidaknya seseorang. Dan karena aku tidak cocok dengan teori manapun, maka mungkin aku termasuk yg anomali.

Temen2 lain ada juga yg kidal ? Kira2 bagaimana, teori di atas cocok atau ndak ? Atau juga termasuk anomali ?

Keterangan:
Gambar aku dapat di sini

Comments

  1. orang yang kidal biasanya mempunya kecerdasan intelektual yang lebih *katanya

    ReplyDelete
  2. kidal katanya emang bisa dilatih biar ga kidal. kimiko date tu petenis tangan kanan, padahal dia kidal. tp krn budaya di jepang yg ga berpihak ama orang kidal, ya akhirnya dilatih deh

    kl bank_al gimana? physically sampe skr kidal jg kah?

    ReplyDelete
  3. Pengen tanya bank Al, untuk orang kidal kebiasaan makan menggunakan tangan kanan atau kiri ya, trus kalo membersihkan pembuangannya ? kayaknya jadi kisruh ..Atau untuk kebiasaan harian bisa dilatih dari kecil kali ya... Kalo lupa jadi kebolak balik kan refots.. :)

    ReplyDelete
  4. lha bank_al kidal toh? baru tau sayah...
    dapat apa tuh pas menang lomba nyanyi RT? :D

    ReplyDelete
  5. "Kidal atau tidak itu sebetulnya bisa disebabkan dua faktor: Nature (bawaan lahir) atau nurture (pengasuhan)."
    Nyang ini aye setuju bank,kate orang sih tambah satu faktor lagi bank,faktor: keturunan.
    Anak aye yg baru 3 taon, tadinya tangan kirinye lebih dominan, ambil mainan pake tangankiri, makan-minum pake tangan kiri, tapi karena sering dilatih pake tangan kanan, sekarang tangan kiri ma kananya udah imbang.
    Kalo otaknye mah belum keliatan, soalnye belum sekolah, tapi klo aye amati sih kayanye imaginasinya bagus, dan seninya juga ada, buktinye kemarin menang lomba mewarnai tingkat RT hehehehe..

    Ngomong2 ini Bank Al yg dolo sering nongol di Undernet bukan yach ? Maaf klo salah..

    ReplyDelete
  6. Saya dulu termasuk yg meyakini bahwa orang kidal tu punya talenta kreativitas yg lebih terasah. Dominan otak kanan, begitu kan ya. Makanya itu, saya sempet menyengajakan menulis dg tangan kiri. Termasuk juga klo gosok gigi. Maksudnya biar otak kanan saya lebih bisa terlatih.

    Hal ini berlangsung selama beberapa bulan. Akhirnya krn saya lebih sering ngetik pake keyboard, akhirnya pembiasaannya ndak bener2 lancar deh :-)

    Sekarang aja, tulisan tangan kanan saya masih jelek. Apalagi yg kiri :mrgreen:

    ReplyDelete
  7. Tulisan tangan kanan saya jelek, tulisan tangan kiri hancur. Tapi kalau basuh (cebok) dengan kanan kiri lancar sekali, tangan kanan malah ga bisa, kaku seperti orang abis stroke.

    Kemampuan eksak/matematik jeblok, nilai jelek semua, tapi kemampuan rasa/musikal juga lebih parah, sampai sekarang tidak bisa main alat musik apapun, belajar gitar juga gagal.

    Saya Anomali aja deh, kayaknya keren dan bergengsi tu.

    ReplyDelete
  8. ralat: cebok lancar dengan tangan kiri, tangan kanan ga bisa.

    maaf jadi nyampah :P

    ReplyDelete
  9. Putradi: Kalau melihat gambar otak di atas, orang kidal itu semestinya jusrtu lebih bolot dari yg right-handed, karena kemampuan reasoning-nya rendah

    Andian: Secara fisik, aku lebih dominan kidal walau tidak jauh perbedaannya. Aku main gitar masih dengan senar normal, tidak dibalik kayak Paul McC. Nulis tangan kiri. Makan tangan kanan. Pegang mous tangan kanan.

    Larasati: Tidak semua orang kidal sama. Aku sendiri tetep makan pakai tangan kanan. Dan bagian cebok tangan kiri.
    Yg makan pakai tangan kiri, biasanya cebok pakai tangan kanan. Ini sih masalah pembagian tugas aja.

    Vi3: Dapat tepuk tangan

    Abahapis: betul, yg dari underwear... eh undernet

    Guntar: Jangan khawatir soal tulisan, aku nulis pakai kiri juga jelek. Yg kanan lebih jelek lagi, kayak tulisan anak SD
    :D

    Wadehel: wah, kalau anda anomali, berarti sama dengan saya dong ? Semoga yg lain nggak ikut2an. Kalau terlalu banyak yg anomali, bukan anomali lagi dong namanya.

    ReplyDelete
  10. saya juga kidal boss ... senasib kita rupanya heheheheh..
    hidup kadal.. eh kidal!

    ReplyDelete
  11. wah pengen ikutan nimbrung
    saya sendiri tidak kidal
    tapi saya sangat tertarik dengan kidal...
    maksud saya, saya kepengen banget nulis pake tangan kiri..jadi saya bisa menggunakan kedua tangan saya..
    tapi saya heran kenapa kebnyakan teman saya minder dengan ke kidalannya itu
    padahal menurut saya kidal itu unik

    ReplyDelete
  12. Huah.. jadi orang "kidal" memang sering dianggap aneh!
    karena saya kidal ya.. saya sudah terbiasa kalau jadi sesuatu yang BEDA dari yang biasanya!!!

    ReplyDelete
  13. aku juga kidal...
    ada enaknya ada enggaknya...
    enaknya nih, suka jadi pusat perhatian, abis langka sih....
    gak enaknya nih pas kuliah..... catat bahan pasti susah, mejanya dimana, tangannya dimana.. huehehehe...
    kidal itu emang bawaan, aku setuju... keluargaku aja, dari adik, sepupu, tente dll, ada 5 orang yang kidal...
    soal otak kanan.. emang orang kidal itu nyeni..., suaraku bagus kalo nyanyi, pernah jadi penyiar radio lagi, tapi aku enggak bolot lho!!! juara kelas dari kelas 1 sd sampe sma.
    itu tergantung manusianya... asal tau aja, mengasah otak kanan lebih susah dari pada otak kiri...

    ReplyDelete
  14. #14: wow keren, ada penyiar radio comment di blog-nya bank al... :D

    ReplyDelete
  15. Kidal:
    (K)arena
    kam(I)
    (D)apat
    diand(AL)kan
    jadi orang kidal tuh enak jg. tp gw prnah didiskriminasi waktu kelas 2 SD. masih ingat gue. waktu itu katanya(oleh seorg guru baru),semua murid harus nulis pake tangan kanan, klo gak dimarahin. hmm... gw jadi maksa pake kanan tp sebatas hari itu aja. memangx kidal gak menonjol?
    Liat aja George W. Bush dan Osama Bin Laden, kidal khan?

    Salam
    J4

    ReplyDelete
  16. aq jg kidal..
    en waktu aq tk aq pernah didiskriminasi
    aq disuru makan pake tangan kanan..
    waduh aq tersiksa bgt waktu itu
    jadinya wkt gurunya dideket aq , aq mkn pake tgn kanan
    klo gurunya pergi aq pke tangan kiri lagi deh makannya
    hahahahahahahaha

    ReplyDelete
  17. kidal or kanan itu seh bagi q sma ajaz, asal pembagian kerjannya jelas nke dua kerja otaknya seimbang, key....

    ReplyDelete
  18. saya bukan kidal,,,tapi tertarik pengen nyoba nulis tangan kiri,,,,,,,ada pengruhnya ke otak gak???

    ReplyDelete
  19. Salam, sbelumnya q pngin ngutarain unek-unekq dulu y. Yang q rasain sekarang kerja anggota badanq antara yang kiri n kanan berbeda banget. Misalkan saja tangan kananq lebih dominan, otot n kekuatan tangan kanan lebih zip dibanding tangan kiri. Gmn tuh menurut km cara ngelatihnya?bls di emailq ya.

    ReplyDelete
  20. waahh thanks ya guys, data dan komentar2nya sangat menarik... soalnya lagi browsing n ngumpulin smua info ttg KIDAL. aku cuma penasaran ada pengaruh "NEGATIVE" gak sih ? (dari antarnews dpt info kalo perempuan kidal diduga lebih pendek usia ?)

    Kalo ada situs lain yg bagus, boleh donk dishare infonya. so far udah dpt dr :
    - dunia ibu.org
    - wikipedia
    - jalansutera.com
    - antaranews

    Thanks

    ReplyDelete
  21. Kebetulan nih aku lg belajar neurolinguistik yang ada hubungannya dgn otak. Yang aku ketahui bahwa di bgn otak kiri itu ada bagian yg namanya hemisfer kiri terdiri atas beberapa medan seperti medan broca, medan wernicke dll. Hemisfer kiri inilah yang mengatur fungsi berbahasa seseorang. Otak kiri mengatur anggota bagian tubuh sebelah kanan sedangkan otak kanan mengatur fungsi anggota tubuh bagian kiri. Nah bagaimna dgn kasus yg kidal? apa hemisfer kirinya kurang aktif? menurut ku sih faktor terbesar yang membuat seseorang itu menjadi kidal adalah faktor bawaan dari lahir akan tetapi tidak tertutup kemungkinan dari pola pengasuhan atau lingkungan di mana anak tersebut dibentuk dan dibesarkan. Kecendrungan sih orang yang kidal itu terkena apasia atau gangguan berbahasa. Karena memang otak kanannya jauh lebih dominan dibandingkan otak kirinya. Ok deh bank_al thanks ya atas gambar otaknya n atas info yang uda diberikan.. oke deh itu dulu dari saya.

    ReplyDelete
  22. hey boleh gabung nee
    aku d kuliah semester 5
    aku udah baca banyak situs yang membahas kekidalan

    aku mungkin sebenernya kidal tapi sejak kecil diajarkan pake tangan kanan jadi nya sekarang klo aku nulis,nggambar, ngunting, dan lain-lain g bisa bagus bahkan aku g bisa menggaris lurus.dalam bidang olahraga juga begitu bisa enjoy.aku juga gagap dalam berbicara.mungkin karena dipaksakan kali y.

    tapi sejak kelas 2 SMA aku mengoptimalkan kerja tangan dan kaki kiri ternyata jauh lebh bagus dari sebelumnya dan mulai saat itu aku menjadi kidal.namun hal itu menyebabkan aku dimarahi sama keluargaku jadinya aku malah jadi minder.menurut temen-temen aku harus bagaimana??tolong kasih masukkan.thanks.

    ReplyDelete
  23. hey boleh gabung nee
    aku d kuliah semester 5
    aku udah baca banyak situs yang membahas kekidalan

    aku mungkin sebenernya kidal tapi sejak kecil diajarkan pake tangan kanan jadi nya sekarang klo aku nulis,nggambar, ngunting, dan lain-lain g bisa bagus bahkan aku g bisa menggaris lurus.dalam bidang olahraga juga begitu bisa enjoy.aku juga gagap dalam berbicara.mungkin karena dipaksakan kali y.

    tapi sejak kelas 2 SMA aku mengoptimalkan kerja tangan dan kaki kiri ternyata jauh lebh bagus dari sebelumnya dan mulai saat itu aku menjadi kidal.namun hal itu menyebabkan aku dimarahi sama keluargaku jadinya aku malah jadi minder.menurut temen-temen aku harus bagaimana??tolong kasih masukkan.thanks.

    ReplyDelete
  24. Gokie alias Kirua, menurutku acuhkan saja apa kata orang dan nggak usah minder. Hidup ini jadi tidak fair kalau orang Kidal dipaksa harus tidak kidal dan bersaing dengan orang yg tidak kidal.

    Aku sendiri nggak yakin apakah aku kidal karena bawaan lahir atau pengasuhan. Yg jelas aku memang tidak pernah dilarang untuk menggunakan tangan kiri sejak kecil. Dalam beberapa hal, tangan kiriku memang lebih dominan seperti main badminton, menulis dan melempar bola. Namun aku tetep bisa main gitar dengan senar normal dan makan dengan tangan kanan. Di sisi kemampuan berbahasa juga aku tidak kalah dengan orang kebanyakan. Sejak kecil pelajaran bahasa itu (baik bahasa Indonesia ataupun Inggris) adalah salah satu mata pelajaran unggulanku selain matematika dan fisika. Belum lagi dihitung dengan 2 bahasa daerah yang aku kuasai secara aktif.

    So, jika kemampuan berbahasa adalah salah satu kendala orang kidal, maka aku mungkin saja bukan kidal bawaan lahir. Namun nyatanya aku hidup nyaman sebagai orang kidal.

    ReplyDelete
  25. mmm...
    se'udah baca2 jadi pengen ikutan nimbrung ni...
    dr kecil aku slalu nganggap kl bs nulis pake tagan kiri tu keren bgt... jd nyoba2 de... lumayan bisa kebaca si.. tapi lambreta bgt gitu de.. ku juga bisa nggambar pake tangan kiri biar ga sebagus kl pake tangan kanan si.. (wuih, muji diri ndiri ni),
    tapi smua ntu cuma sebatas iseng doang. coz nyokap suka komentar kl ngeliat ku nyoba nulis pake tgn kiri. Haaaahhhh...
    Dulu jg aku sering bingung mana kiri mana kanan.. smuanya kuanggap sama. patokanku: pokoknya yg buat nulis tu tangan kanan. heheheheh......

    ReplyDelete
  26. mari kita kidalkan masyrakat dan memasayarakatkan kekidalan.. xixixi

    ReplyDelete
  27. Pesan dari seorang kidal.
    Kidal jangan di paksa jadi kanan, begitu juga sebaliknya.
    Jangan sampe anak yang nggak kidal di paksa jadi kidal, biar keren?
    Ngga nyaman klo pake kanan, begitu juga sebaliknya bagi yang nggak kidal.

    ReplyDelete
  28. [...] Kemaren sore, tangan kanan Kai abis terkilir, gara2 nahan motor yg oleng mau jatoh Walhasil, jadi gag bisa bawa motor dulu bwt sementara, & otomatis, susah pake tangan kanan Jadi kidal, deh… Tapi kidal yang ini, hubunganna jauh loh, sama kidal yang ini [...]

    ReplyDelete
  29. itulah mas, ada beberapa orang yang berbakat di satu hal, tapi ada beberapa yang kurang berbakat, nah gimana cara nya suapaya yang kurang berbakat ini bisa menjadi sama kaya yang berbakat ? kalau saya berpikir hanya dua ... Kemauan dan Kerja Keras.

    ReplyDelete
  30. cocok,..

    saya kidal dan bangga :D

    sampe sekarang masih penasaran dengan orang kidal yang tulisannya bagus.

    ReplyDelete
  31. hai saya filans dari malaysia,
    saya sangat tertarik dengan ruangan ini,
    saya pun kidal jugak, sejak dari lahir.
    kelebihan dan kekurangannya memang ada, tapi setiap perkara itu memang ada kelebihan dan kekurangan , begitu juga dengan orang yang mengunakan tangan kanan.

    ReplyDelete
  32. wah artikel menarik sekali. Kata mama saya, dulu saya kidal, tapi dipaksa menjadi tangan kanan karena takut dianggap ngga sopan pas dewasa. Apa mungkin ini sebabnya tulisan tangan kanan saya jelek?

    pas smp dulu sih nilai eksak + bahasa saya sangat tinggi, tapi begitu smu, saya fokus ke piano dan hancurlah nilai eksak saya. tapi akibatnya, kemampuan analitis, musik, dan bahasa saya lebih terfokus.

    saya rasa efek tiap orang2 berbeda ya?

    ReplyDelete
  33. aku sendiri tidak kidal, tapi aku tahu ikon untuk orang kidal...yaitu keluarga Flanders di The Simpsons, sampai-sampai mereka punya toko yang menjual barang-barang khusus untuk orang kidal. gak nyambung ya...? he he..

    ReplyDelete
  34. lha saya malah bingung menggolongkan diri kidal ato anomali... :? dibilang kidal kok makan, nulis pake tangan kanan, mungkin saya semi ambidextrous, soale meski kalok maen bola (shooting, juggling) lebih enjoy dan mantaf pake kaki kiri, tapi kaki kanan saya nggak mati, aliyas masih oke buwat nendang, passing, shooting dlsbg, cuman emang lebih maut kaki kiri.
    trus pas nembak (waktu maen airsoftgun) saya juga baru sadar kalok berbeda dengan temen2 yg laen, soale kalok pake rifle saya lebih enjoy pull the trigger pake lefthand kalok pestol baru righthand. pas maen panahan, juga nggak bisa pake alat panah pasaran, karna udah disetting buwat righthanded, kudu ngebongkar kalok mau saya pake.
    mengenai kecenderungan otak, saya mungkin memang cenderung ke otak kanan, soale awareness thd musik cukup kuwat, nggambar gunung kembar juga hobi, matikamatika kurang doyan meski nggak payah2 amat, dan hapalan termasuk kuwat... :?

    ReplyDelete
  35. gw juga kidal nih
    tapi nulis pake tangan kanan
    karena nyokap gw bilang , kalo nulis pake tangan kiri , gak boleh sekolah nanti,hahaha
    ya udah mulai dari itu jadi belajr tangan kanan deh
    kalo main bola juga , kaki kanan gw dominan..
    tapi selain itu , gw kidal semua.gimana tuh??
    matematika gw lumayan kok..
    gw juga kuliah di Binus ambil komputer , yang katanya perlu logika
    tapi sejauh ini fine2 ajah..
    hehehe
    gw juga suka musik , bisa main gitar,
    uhhh
    gw baru tau , kalo cara orang yang otak kanannya leibh dominan tuh , kalo belajar , harus diperlakukan secara berbeda..

    ReplyDelete
  36. karena sejak saya kecil tidak dilarang menggunakan tangan kiri kecuali utk hal-hal yang normatif spt makan, berjabat tangan, menerima sesuatu dll maka hingga saya ini, saya tetap kidal. dan hal ini saya tularkan kpd anak saya.

    ReplyDelete
  37. Waduh waduh ternyata buanyak yang kidal..lho mas Titov juga kidal ?. Wahh bagus deh bisa main tembak tembakan gaya kidal bareng bareng. Saya juga kidal. Waktu kecil dipaksa paksa guru pake tangan kanan, jadi pindah sekolah gara gara itu. bisa main musik tapi gak pinter pinter amat,main gitar juga kidal kayak si PAul Beatles, jadi senar dibalik, yang pasti yang berbau seni cepet nangkepnya...lumayan bisa nggambar, oleh karena itu sekarang jadi arsitek. dulu sering dikagumi cewek cewek dari fakultas lain...wuih kidal aja kayak gitu gambarnya, belum kalo kanan ( ini keberuntungan orang kidal...bisa kelihatan keren di mata cewek huehueheu). Untuk pelajaran matematika gobloknya setengah mati, tapi dulu SMP dan SMA sempet ranking 2 kelas, kok bisa ya ? Denger denger kidal juga kecenderungan homo dan punya kemampuan lebih dibidang yang berbau tempat tidur. What !!! kalo homo nggak deh tapi kalo yang terakhir...hmmm bisa jadi huehuehue..

    ReplyDelete
  38. kalo aku cenderung otak kanan. Bberapa kali dites ama orang lain dan mereka bilang aku otak kanannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn...:@)
    http://ardiansyahputra.wordpress.com

    ReplyDelete
  39. yang nyebelin dari sebagai orang kidal itu kalo pegang handycam. Pake tangan kanan, pegel...

    ReplyDelete
  40. Saya pake yg 'kanan', tapi entah kenapa pengen jadi KIDAL. Terutama kalau main bola, karena posisi favorit saya di bek kiri, lagipula untuk permainan bola orang kidal lebih sulit ditebak... he3

    ReplyDelete
  41. Kidal, atau lefthanded... Sebuah anugrah yg tidak terkira nilainya...
    Bayangkan, cuma 12% orang kidal dari total penduduk dunia (menurut survey sih...)
    Sejak kecil saya selalu memakai tangan kiri, namun karena budaya mengajarkan pake tangan kanan, so saya ikut aja budaya itu. Mainan musik, saya setelah kenal musik kini bisa memainkan sekitar 6 jenis alat musik (Gitar, bass, flute, piano, harmonika, saxophone, skr lagi nyoba kendang):mrgreen: walaupun semua gak jago2 bgt...
    Buat gitar, dulu saya latian pake tangan kanan, trus iseng2 nyoba pake kiri, ternyata lancar... kiri kanan bisa semua. Bilyar juga pake tangan kiri, otot lengan saya lebih kekar yg sebelah kiri :)
    Jgn pernah merasa minder jd seorang lefthanded, itu anugrah, gak semua orang bisa seperti kita :mrgreen:

    ReplyDelete
  42. Saya sendiri juga kidal kalau membawa barang yang berat, tapi kalau menulis pakai tangan kanan, baik makan.. kalau cebok (BAB) buang air besar.. gak susah pakai tangan kiri... cuma sayangnya nih.. anak gua ketularan kidal juga.... maunya sih tangan kanan.. udah dicoba tangan kanan tetapi waktu nulis mis b ditulis jadi d... bingung juga nih... ada bantuannyya ngga nih teman2..

    ReplyDelete
  43. yang pasti kidal merupakan anugerah jugakan

    ReplyDelete
  44. kidal itu sebuah keunikan tersendiri yang dimiliki seseorang manusia ciptan-Nya, jadi bersyukur saja and berlatihlah untuk itu.

    ReplyDelete
  45. belajarlah menggunakan tangan kanan, karena tangan kanan lebih baik

    ReplyDelete
  46. semasa SD belajar seni musik (suling recorder) gak bisa-bisa, yang lain manggung saya gak diajakin sama guru... minder rasanya, sampe waktu kelas 3 SMP gak sengaja saya balik posisi tangan... alhasil saat itu dengan waktu yang singkat saya bisa bawain lagu implora(busyet bgt, tapi suer ni asli)... padahal waktu suling belum dibalik kidal,,, lagu ibu kita kartini 5 taun gak bisa-bisa... sekarang main gitar gak kidal (normal) karna waktu belajar normal... tapi kalo pake pedal efek tetep harus kidal...
    Jadi sebenernya saya kidal ato nggak...???

    ReplyDelete
  47. kalau di indonesia mungkin sedikit saja yang kidal, krn udah diajarkan oleh orang tua bahwa kalau melakukan sesuatu pakai tangan kanan...

    ReplyDelete
  48. WWWOOOIIII......

    biar gw lurusin smuanya...
    gw jg kidal........

    klo nulis kidal.....pegang mouse kanan

    klo boker kidal klo makan pake tangan kanan dan klo mkn pake sendok kidal,...............huhehehhe...

    gmna..? ga mslh kn..???

    ga kisruh lg kn????

    oia...klo maen bola..gw lebih dominan kaki kiri loh...

    klo ngangkat barang kedua tangn gw sama kuatnya....

    jd kesimpulannya.....otak gw jalan du duanya...
    HUAHAHAHAHAHAHA......

    kasian amat org yg berotak sebelah (maksudnya yg jalan cmn otak kiri)
    HUAHAHAHAHAHA (tawa kemenangan)

    ReplyDelete
  49. DIRALAT

    eh salah.....klo maen bola...gw tu
    lebih dominan kaki kanan maksudnya...

    ReplyDelete
  50. TUHAN tidak memberikan kita tangan yang baik dan jelek. IA memberikan tangan KANAN dan tangan KIRI..

    ReplyDelete
  51. Sebangsa setanah air... Salam saudara! Kita satu bangsa... hahaha... HIDUP KIDAL!!!...

    ReplyDelete
  52. Ikut bank Al, saya juga kidal nih, untuk hal2 tata krama makan, eh salaman, menugaskan yg kanan begitu juga untuk mengerjakan yg kotor pakai kiri. dan saya mungkin tergolong anomali juga, banyak yg nggak benarnya.

    Yang pernah saya baca, bahwa hasil survey yg kidal probalitasnya untuk dapat kecelakaan kerja paling tinggi. Karena semua peralatan kerja dirancang untuk tangan kanan.
    Contoh kecil pegal tangan pegang handicam pakai kanan bagi si kidal.

    ReplyDelete
  53. aku juga kidal, mnulis dan melakukan hal2 yg berat dan refleks dgn tgn kiri. tapi aku bisa menggunting dgn tgn kanan dan cebok dgn tangan kiri. hormat tangan kanan, bersalaman tangan kanan. memberi uang tangan kanan. tapi dalam agama dosa makan dengan tangan kiri. makanya aku bisa makan dengan tangan kanan. kemampuan ketrampilanku lemah, bisa main layangan kls 1 smp, naik speeda baru bisa klas 3 smp itu pun jatuh dan ketabrak.bisa naik motor udah umur 30 thn. sampa sekarang ga bisa main alat musik satupun, tidak bisa berenang,tidak bisa satu cabang olah raga pun. main game pun kalah mulu. nah kenapa itu ya?... oiya aku blum bisa nyetir mobil juga. matematika aku dulu benci. kadang juga aku hindari. tp klo terpaksa sebenernya bisa

    ReplyDelete
  54. i'm a left handed n i'm proud of it! terbiasa menulis pke tangan kanan dr kecil, tp sisanya kidal. well kcuali main gitar (pke kanan). mkan klo diluaran pke tangan kanan, tp kalo dirumah sebodo amat deh pake kiri aja drpd ribet. hhaha.
    skrg sih org2 byk yg di gaya2in sok kidal, pdhl duluu.. being left handed is not that funny!
    emang mau lo dikatain KEBOTT?!!

    ReplyDelete
  55. gw jg multi talented (bkn mksud mau sombong).
    gw jago gambar, bakat menulis, can sing well, kmampuan bahasa diatas rata2, eksakta jg jalan, ngitung jago nya deh!
    dan meski bidang kuliah gw tidak gw sukai, gw selalu meraih ip tertinggi.
    jd gw bngung klo kidal dibilang cnderung otak kanan.
    buktinya gw jago mtk!
    well mungkin karena gw biasa nulis pke tgn kanan kali yaa.
    satu2nya yg gw gabisa adalah berenang gaya katak, pdhl kaki gw ga kidal tuh.

    ReplyDelete
  56. Gw jg kidal,
    Bhkn bs dblg kidal tulen.
    Dr kcl gw wkt sd gw udh mlh sndri tgn mn yg shrus'nya dgnkn n yg nymn dpke.trnyta kiri.
    Ortu gw jg gk mrh wlupn ini gk lzim.
    Gw smpt minder wkt gru bhsa indo smp gw gk mw ngsih gue ujian klw gw ttp pke tgn kri. Saat itu, Mw nangis aja rsnya.
    D sma,gw jg dsindir2 ma gru
    Mtemtika gw gr2 pke tgn kri,
    Gw smpt ngrasa klw gw abnormal alias cacat.
    Gw sbel bgt,
    Gw bales ucapan dy tuh dgn klulusn gw kulya d PTN.
    Lulus dsnmptn.
    Dy spele, dy kira org kidal gk bsa apa-apa.
    Gw bngga jd org kidl wlpn sbnr'y agma gw krg menyetujui.
    Stu hal yg gw almi dri kondisi ini adla dya imajinsi gw tggi bgt.aplksiny yg plg bsar adla gw bs nlis novel.
    Kdg wlpn blm slsi bca sbuah novel,gw ud tw endingnya sprti ap.
    Org kidal mmliki pikran yg pnjg,
    Kreatip dan Mmpu brpkr ttg ap yg trjd n ap yg hrs dbwt 5 smpe 10 thn mendatang.
    Org kidal slera seninya tinggi.
    Cthnya music.
    Audio visualnya sangat bermain.
    Berpikir dan mmandg ssuatu dgn cra yg berbeda.
    Bsa dktakn klw org kidal itu adl org seni,
    Mmiliki kreativtas tnggi.
    Klw kkurangan'y gw rasa adl kslitan brbcra.
    Gw agk slit brkomuniksi.
    Dan sbg solusiny gw kulya difakultas komunikasi jurusn public relation.
    Bgi tmand2 yg kidal,mari kita asah potensi yg tlah dianugerahkan tuhan kepada kita!

    ReplyDelete
  57. kidal masalah otaknya dominan yg mana....kalo dipaksain kidal make kanan sama aja maksain org kanan make kiri.....jadinya akan terjadi ketidakseimbangan dalam otak..sama aja baterai + di balik ke negatif..jadi biarlah yg kidal tetap kidal yg kanan tetap kanan..

    ReplyDelete
  58. kidal juga terbagi2 dalam tingkatan tergantung bagian otak yg dominan..yg bener2 kidal tulen diliat dari mata mana yg dominan kalo kiri (benerr kidal) bukan dari tangan atau kaki ,,,kalo tangan atau kaki biasanya bisa dilatih..tapi kalo mata agak susah tuh...kahn mata adalh jendela hati....

    ReplyDelete
  59. kidal juga terbagi2 dalam tingkatan tergantung bagian otak yg dominan..yg bener2 kidal tulen diliat dari mata mana yg dominan kalo kiri (benerr2 kidal) bukan dari tangan atau kaki ,,,kalo tangan atau kaki biasanya bisa dilatih..tapi kalo mata agak susah tuh...kahn mata adalh jendela hati....

    ReplyDelete
  60. gw duluny kidal, tp skrng udh tngn kanan... tp skill kidalny msh ad pastinya...

    ReplyDelete
  61. hore gua senenk banget ternyata bnyk juga yg kidal. Memank gua ama sepupu kidal trus perasaan jarang banget gua nemu sesama kidal ech ternyata bnyk. Hidup kidal ........

    ReplyDelete
  62. kidal slalunyer bijak and kreatif but if the person{kidal person} is to lazy to study....hampek le jawapnyer....maybe le...tapi biar kidal kite BIJAK/SMART!!!

    ReplyDelete
  63. Hi, anakku yg kecil cowok kidal, bingung juga sih, karena kakak cewek nya yg kembar tdk kidal, tapi dia emang beda dg kakaknya, dia menguasai 4 bahasa. Umur anakku baru 4 thn, main bola juga kiri, aku kadang agak sedih juga anak cowokku kidal. Tapi yah itu kenyataan. Sudah kupaksa utk nulis tangan kanan tapi gak bisa juga. Yah sekarang aku udh bisa menerima ke kidalan anakku. Tq yah infonya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  64. dulu aku juga kidal, tapi waktu kecil dibiasain buat pake tangan kanan sama mamaku jadinya ga lagi.. kalo nulis sih udah ga pake tangan kiri lagi tapi kalo yang lain masi lebih sering tangan kiri.. tapi kalo kidal ga ada yang salah kan..?

    ReplyDelete
  65. bank al,gmn cra bljr gitar kidal
    que kpngen bnget
    tp gag dha yg ngajari
    n gitar nya thu khusus or cma dblik aj dri kanan ke kiri

    ReplyDelete
  66. buat komunitas orang kidal dunk bank_al........

    ReplyDelete
  67. anak ku kidal tapi alhamdullilah blm ada keluhan, katanya dokter ngk usah dipaksa so....biarkan saja, obama juga kidal tapi beliau bisa jadi presiden . . .

    ReplyDelete
  68. Q dari kecil kidal, ud dilatih dari kecil pake tangan kanan tp g bisa jg... Q ini kidal karna faktor ap ya...

    zacky_ Q bisa maen gitar kidal, gitarnya gitar kanan cuma dibaik doank. kordnya jg dibalik... Q blajar dari temenQ anak bali, dia kidal jg

    ReplyDelete
  69. hai bank al,
    ikut nimbrung ya..mo crita nih...
    aku kidal, papaku kidal n skrg anakku jg cenderung kidal.....
    klo papa n aku, nulis tetap pake tgn kanan, bgtu jg makan, jabat tangan dll... tp klo megang pisau, gunting pake kiri, main batminton jg kiri....
    klo papa kelihatan jiwa seninya cukup menonjol, bs main gitar, biola jg, tp dengan tgn kanan. aku dulu jg pernah belajar main gitar tp kayanya ga bakat deh...aku justru lbh suka pelajaran eksakta, apalagi jaman sekolah dulu bangganya klo bisa masuk kelas fisika khan?
    crita mama, waktu kecil dulu, aku maunya nulis pake tgn kiri, tp sll disentil tgnnya, ga boleh, jadilah aku nulisnya pake kanan. tp anakku skrg ngotot, ga mau pake tgn kanan nulisnya, tpnya dia agak suka kebolak balik b jd d, nulis 2 kaya s, angka 3 jg kebalik lengkungannya, tp aku ga paksain lg nulis pake tgn kanan biar ada jg yg menyarankan biasakan jg pake kanan, biar dua2nya bisa, kelihatan dia lebih kental kekidalannya. apalagi pernah baca (cuma lupa dimana) klo anak kidal dipaksa2in untuk ga kidal akan berpengaruh pada kepribadiannya, bisa2 nantinya susah konsentrasi n kemampuan decision makingnya payah... (kebetulan lg aku merasakan hal itu, shg gagal kuliah di arsitektur, lantaran tiap ngerjain tugas bingung mau pilih alternatif/variant design yg mana, jdnya tugasnya ga selesai2 terus) Benar ga ya krn dulu terpaksa nulis pake tangan kanan atw cuma pembelaan diri aja?. Cuma aku skrg lagi penasaran aja, mau ngarahin anakku kemana ya, biar potensinya bisa dioptimalkan n ga punya masalah kepribadian kaya aku yg minderan, merasa ga bisa apa2 dsb...padahal waktu kecil aku ngerasa punya byk bakat, tp krn tidak disalurkan/diasah jd ga muncul, misalnya, aku waktu SD pernah diutus sekolah ke PORSENI u lomba menulis, ga menang sih..... waktu di sekolah bs menang krn aku nulis bebas, tp waktu di PORSENI itu temanya ditentukan dan aku ga pede/sreg nulis sesuai tema gitu...bgtulah aku, klo spontan bs ngerjainnya, tp klo yg pake direncana2in sgl keseringannya gagal deh....knapa ya? apa memang org kidal biasanya bgtu?

    ReplyDelete
  70. Saya kidal, namun otak kiri dan kanan saya berfungsi secara seimbang. Tangan kiri saya terampil menulis, melukis, dan kegiatan lain yang membutuhkan keterampilan. Sementara tangan kana saya kuat, mampu mengerjakan hal2 yang membutuhkan tenaga cukup besar. Saya bekerja menggunakan computer normal atau untuk non kidal, dan kendala yang sering saya alami cidera otot tangan kanan. karena tangan kanan saya di paksa melakukan fungsi tangan kiri.
    Saya sedang cari keyboard buat orang kidal, tapi blum dapat. ^_^

    ReplyDelete
  71. Saya kidal juga ^.^

    I love my mom and dad so much soalnya ga pernah paksain saya buat nulis pake tangan kanan secara saya dominan kidal. Mereka pernah ajarin pake tangan kanan, tapi saya tetep kidal & mereka konsul ke psikolog, katanya jangan dipaksain karena bisa berefek negatif (anak jadi plin-plan, ragu-ragu & sulit ambil keputusan).

    So mereka terima saya apa adanya, tiap mau sekolah, nyokap dah wanti-wanti ke guru, " Tolonggggg ya bu, dimaklumi, anak saya kidal!"
    Hohoho.. Dan alhasil kemampuan otak saya di atas rata-rata tuh.. ^0^

    I'm proud to be lefty! (Apalagi si Obama juga kidal..)

    ReplyDelete
  72. boleh gabung...
    saya perempuan usia 16..saya baru lulus sma. saya juga kidal.hal itu saya sadari saat pertama kali belajar menulis di tk ternyata naluri saya memegang pensil adalah tangan kiri. sulit sekali menghilangkan kebiasaan itu. tangan kiri saya ketika di sekolah semenjak sd sering sekali di ikat kebelakang, agar saya menulis menggunakan tangan kanan.
    memang ada enaknya dan ada engga nya jadi orang kidal. ya ga enaknya seperti kaka yang sedang kuliah diatas..susah kalo dapet tempat duduk anak kuliahan.saya kalo duduk ribet sendiri.
    menurut guru biologi sma saya, kidal memang salah satu penyakit turunan.jadi memang pengaruh genetik.kata guru saya,kalo suatu saat saya menikah dengan orang yang kidal juga maka peluang anak saya mengalami kidal juga adalah 100%,kalo saya menikah dengan laki laki carier atau pembawa sifat kidal maka 75% anak saya kidal dan kalo misalkan saya menikah dengan laki-laki normal maka tetap saja anak saya masih berpeluang kidal...
    saya juga sudah belajar menggunakan tangan kanan dan alhamdulillah bisa :D. hanya saja kalo masalah yang berhubungan dengan pisau saya tidak bisa menggunakan tangan kanan.

    meskipun begitu,mungkin kebaikan lebih banyak saya dapatkan dibanding susahnya menjadi orang kidal. so, jangan minder karena kita beda.karena perbedaan yang menberikan warna pada hidup kita. :D
    oh iya bieber juga kidal,,,tak dapat di pungkiri bahwa orang kidal banyak mempunyai talenta yang bisa lebih optimal di kembangkan di banding orang non-kidal.

    ReplyDelete
  73. nimbrung ya .
    ak juga kidal ^^
    umur 19, lg kul tingkat 2
    dan sumpah krena kidal ak ngerasa cacat.
    ak ga tau knapa kidal, ktnya sih waktu kecil jatuh jd ja kidal.
    sumpah ak ga nyaman sama diri ak sendiri.keluarga ak ga pernah da yg dukung (ga slalu), kadang mereka juga bilng ak aneh, abnormal.
    tp ak tunjukin sama prestasi, dan mereka bangga sama ak sekarang, atas smua yg ak raih.
    smuany ternyata ga cukup, sikap anti sosial yang ntah datang dr mana bikin ak susah.
    imajinasi dan smua logika terus berperang dalam otak ak ak sadar (gak lg tidur)
    ak ngegunain 80% tangan kiri buat kegiatan shari2 ky nulis, dan sisany pake tangan kanan.
    ak sengeng banget sama tulisanny bang Al, n commen2 seru dr yg lain.

    gmana klo qta bkin grup org2 kidal .hhe :)
    buat bantuin org2 yg kidal yang pny maslah sabrek sama lingkungan hidupny.

    hhe . . . thanks bngt ya.

    ReplyDelete
  74. gabung ahh.. gue 101% kidal.. sejak gue bisa ngerti (sadar) gue kidal.. teman2 pada mandang aneh bin nyeleneh.. itu gue alami sejak tk smp sekarang umur gue sekarang 22 tahun berarti gue kidal udah 18 tahun sejak gue ngerti apa itu kidal.. orang kidal bisa juga disebut orang yantg dominan otak kanan nya coz motorik anggota badan sebelah kiri adalah otak kanan.. se abreg keunggulan2 orang kidal (dominan otak kanan) adalah punya rasa humor yang lebih dari orang yang gak kidal (dominan otak kiri) humor ini adalah kemampuan natural (bawaan) memiliki perasaan yang lebih peka.. (lebih cepat tersentuh.. mencuatkan empati n keramah tamahan ).. sebelum bertindak lebih dahulu untuk membayangkan apa yang akan dikerjakan berbeda dengan orang non kidalyang cenderung memikirkan apa yang akan dikerjakan (gambaran vs tulisan) hai bank al,
    aku kidal, bokap gak nyokap kidal n …..
    klo aku, nulis tetap pake kiri, low makan , jabat tangan pake kanan dll… tp klo megang pisau, gunting pake kiri, pegang solder jg kiri…. kebetulan dirumah buka service elektronik
    klo bokap kelihatan jiwa seninya cukup menonjol, design baju, orang yang dominan otak kanan (selanjutnya akan kita sebut orang kanan) itu punya sifat empati yang lebih humor,, pandai dalam berkias (perumpamaan)

    ReplyDelete
  75. aku seharusnya kidal, tapi dari kecil diajarin/dipaksa pake tangan kanan, hasilnya sekarang aku bisa pake kedua tanganku.
    tapi, pertumbuhan mentalku agak lambat, aku bisa ngomong umur 2 thn, dan aku sampe sekarang masih cadel :P

    tapi, aku malah lebih cenderung ke MIPA and senBud and bahasa (inggris, jepang, arab). diketiga bidang ini, aku paling gampang ngerti.. :D. jadi mungkin teori intelektual itu bener buatku =D

    itu ceritaku, apa ceritamu? :P

    ReplyDelete
  76. gw pencinta kidal meski dominan gw righthanded gw melatih bgian sblah kiriku sejak sma wal hasil br kira2x 70% mendekati tangan kanan. beberapa aktivitas yg bs gunain kiri adalah maen gitar, malah pusing pke tangan kanan kalo maen gitar. terus maen biliyar, makan gtw knp nikmat bgt tangan kiri pdahal cebok jg pke tangan kiri. cm yg agak anomali tuh maen skateboard gw kan cr berdirinya goofy ,yaitu kaki kiri dblakang papan. gw pernah bc artikel tentang skate bahwa kalo tendang bola pke kanan maka seharusnya kaki kanan nginjek papan blakang. tp gr2x gw goofy gw bs nendang bola pke kaki yg mana aja.
    btw pengen tanya di indonesia ada komunitas kidal g? meski bkn kidal sejati hanya mencari keseimbangan dr kedua bgian tubuh alias hybrid. tq. gw ada sedikit analis knp anak jd kidal. ponakan saya kan kidal.gtw sugesti to g dulu ibunya ponakan saia ngidam hamil tuh cr saya krn blum pulang krmh selama 4 bulan,mungkin krn kk saya sering marahin saya krn sring pke tangan kiri akhirnya anak kk jg kiri jg hehe. sama saat menyusi ponakan saat dgendong, ponakan saya tangan kanannya ke gencet jd yg leluasa tangan kirinya, tp gtw jg sich
    tq.cm analisa gw aja sich

    ReplyDelete
  77. gara2 budaya kita yg masi tabu melihat ce yg nulis pake tangan kiri,mau gak mau gw mesti blajar make tangan kanan biar ga asing diliat orang, yg ada sekarang ini dampaknya yg gw rasain :
    - prestasi gw makin merosot,
    - gw susah konsentrasi belajar,apalagi pas dengerin guru/dosen ngomong dikelas,butuh konsentrasi tinggi biar bisa nangkep tu materi.
    - pembawaan lebih pendiam,suka menyendiri.pdhal aslinya dulu hiper aktif banget.
    - gw susah merangkai kata ketika berbicara,trs sering glagapan gitu kalo ngomong,sering tersendak-sendak(agak gagap).padahal dulunya gw cerewet banget,susah diem..kayak air nyerosos teruuuss.
    - perasaan lebih peka, gampang masukin dihati.gampang jatuh deh air matanya.
    - sering ngebleng, trs pelupa juga.
    - pas kidal dulu jago gambar,sering juara. skrg pake tangan kanan,sering gemeteran kalo nulis ga bisa rapi,jd bisa dibayangin gmn kalo ngegambar?

    dan masi banyak keanehan2 lainnya yg terjadi dihidup gw yg kurang menyenangkan.
    skrg gw lagi berusaha mengembalikan keadaan sperti semula,meng'aktifkan kinerja otak kanan gw lagi.pengen kidal lagi.

    saran gw,, kalo bawaan kita kidal, yah dijalanin aja. gak perlu kita merubahnya menjadi "kanan" hanya karna tradisi yg masi tabu yg memandang kidal bukan hal yg baik.
    sadar gak sadar hal tsb sangat mempengaruhi mental kejiwaan kita, perubahan2 yg tak biasapun akan terasa,seakan menjadi pribadi yg berbeda yg kurang menyenangkan.

    ReplyDelete
  78. Saya orang yang bisa menggunakan kedua tangan saya, sebenarnya saya tidak kidal tapi karena kebiasaan saya mengerjakan semua kerjaan dengan tangan kiri kecuali makan dan nulis. Sebenernya nulis pake tangan kiri pun bisa dan tidak jelek2 amat. Tapi rasional saya lebih jalan ketimbang art.

    ReplyDelete
  79. Ada yang mau saya tanyakan. Apakah ada orang yang bisa menggunakan kedua tangannya sama baiknya? Karena di dunia ini kebanyakan barang2 atau bagi yang kerja perlengkapan/peralatannya khusus tangan kanan dan masih jarang yang khusus tangan kiri. Jadi kebanyakan orang yang kidal di jepang / dimana pun ja harus belajar menggunakan tangan kanan.

    ReplyDelete
  80. @Anton: sama baiknya sih barangkali tidak, yg satu tetap lebih baik dari yg lain. Namun tetap bisa dilatih. Sebagai contoh saya, main gitar bisa pakai cara normal dan demikian juga main golf. Saya latihan golf sejak awal pakai tangan kanan dan hasilnya mirip2 juga dengan teman lain yg tidak kidal. Mungkin hanya akan berbeda jika mau jadi pemain golf profesional. Tapi kalau cuma mau amatiran saja, aku pikir tak jauh bedanya.

    ReplyDelete
  81. saya orang kidal... tapi karena saya anak pertama dan ibu saya tidak begitu mengerti tentang kidal,, jadi saya dipaksakan pake tangan kanan... dari SD sampai SMA,...
    tapi karena itu saya bisa both handed ( tangan keduanya ) jadi kalau nulis dua tangan 1 buku nya di kanan dan 1 bukuya dikiri dan tulisannya bisa sama dan selesai dalam waktu bersamaan.... jadi jangan takut kalau anda kidal dipaksa ke kanan...


    hidup kadal.. eh kidal... :D

    ReplyDelete
  82. saya nulisnya ganti2 kalo di kampus.. soalnya kalo nulis di notes (file) memerlukan kerja kedua tangan... bisa kidal bisa kanan.. tpi yg lebih indah, tangan kanan utk menulis huruf sambung.. kalo kidal, hanya hruf biasa aja.. tpi kedua2nya tetap bagus.. kerja dominan dengan tangan kiri, tapi ada hal2 lain yg dgn tangan kanan.. kalo soal makan n pegng mouse dgn tgan kiri... soal cebok dgn tangan kanan soalnya harus makan pake tangan kiri.. :D kalo gmabar/melukis saya juga bisa kedua2nya,, tapi lebih bisa berimajinasi dengan tangan kanan.. :) ada beberapa hal yang saya rasa lebih kuat dengan tangan kiri tetapi ada beberapa hal lebih dengan tangan kanan, kadang tidak bisa membedakan hal-hal mana yang saya lebih bisa dominan kerjakan dengan kiri atau dengan kanan..

    di kaki juga begitu, dua2nya bisa dibilang sama kuat (kalo main bola).. yang kiri lebih kencang nendangnya, tapi yg kanan lebih tepat sasaran kalo nendang..

    saya sering ikut lomba matematika, sains dan juga ikut lomba n ekskul di bidang bahasa Jerman n Bahasa Inggris serta juga masuk grup lukis waktu di sma dan juga beberapa kali ikut lomba lukis tingkat propinsi..

    so, waktu saya baca artikel lain katanya orang seperti saya tidak termasuk kidal, tidak juga termasuk right-handed, tetapi lebih ke ambidextrous.. so, bgaimana tggapan?? apa benar begitu??

    ReplyDelete
  83. aku kidal dalam menulis tapi kalo makan dan lain lain pakai tangan kanan

    ReplyDelete
  84. kaki gw kidal,tapi tangan gw ga,,,,kwkwkwk gimana tuh gan

    ReplyDelete
  85. orang yang kidal cenderung lebih sensitif dan imajinatif dan saya rasa hal itu sesuai dengan diri saya (berhubung saya kadang kidal dan kadang gk) tapi kata ibu saya orang yang tangannya kidal cenderung lebih lambat dalam bekerja. Ada masukan tentang pekerjaan yang cocok bagi orang yang kadang kidal dan kadang gk..?

    ReplyDelete
  86. ak juga kidal ,, tp kurang dlam hitungan,, tp klu bhasa sya lmayan ,, :/ nah itu gmna tuu ?? :o
    sya jadi bngung sya pke otak yg mana ,, -_-

    ReplyDelete
  87. saya kidal, mulai dari menulis, bekerja smwnya dengan tangan kiri. tapi ok dibagian berbhasa.
    tidak bisa dibagian musik. na gimna tu?

    ReplyDelete
  88. Berarti teorinya nggak valid tuh :D

    ReplyDelete
  89. saya juga sama kaya yg fi bilang mr.boo saya kidal . bahkan saya makan pake tangan kiri . tendang bola pakek tangab kiri . main raket tangan kiri . pokok nya semua nya pake tangan kiri
    kecuali cebok . pake tangan kanan .

    tapi say dalam hal matematika payah nya kebangetan . pokokny mau di jelasin kaya apa pun juga inget dab bisa . dan besok nya udah lupa lagi . padahal saya kalau di kelas di nilai anak yabg pintar dalam segala matapelajaran . kecuali mtk .

    apalagi dalam hal basaha inggris dan bhs prrancis . saya jago bgt . vajkan ujian nasional smp saya nilai bhs inggris nya no.1 ter besar di sekolah . trus koq bwda sama yang ada di atas?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor