Sudah pakai GPS kok

Saat aku kecil dulu, aku senang sekali bersepeda keluar masuk kampung. Aku menikmati saat melihat pemandangan baru, jalan-jalan yang tak pernah aku lewati, serta berbahagia ketika bisa menemukan sebuah jalan tembus atau jalan alternatif dari jalan yang biasa dilewati umum.

Ketika usia beranjak dewasa, kebiasaan main sepeda sudah tidak dilakukan. Jarak keliling kampung sudah tak menarik lagi, aku lebih tertarik untuk melakukan perjalanan antar kota atau mblasak-mblusuk di dalam kota mencari jalan baru sehingga membutuhkan kendaraan bermotor.

Kesenangan ini tidak hilang dan masih ada hingga saat ini. Oleh karenanya, setiap berada di tempat baru, aku biasanya menyempatkan diri untuk berkeliling entah naik bis, jalan kaki ataupun mengendara mobil. Untung saja aku sempat mengurus SIM internasional sebelum meninggalkan Kuwait beberapa bulan yang lalu, sehingga aku bisa memanfaatkan ijin mengemudi tersebut ketika ada kesempatan training pada bulan mei-juni lalu di lembah silikon.

Ada yang berbeda ketika mengendara di US dibandingkan dengan Kuwait atau Indonesia. Rambu-rambu lalu lintas agak berbeda dan tidak pernah aku lihat sebelumnya di Indonesia seperti jalur khusus sepeda, jalur khusus untuk kendaraan dengan penumpang minimun dua orang, dan warna tepi pembatas jalan yang menandakan berapa lama boleh parkir di pinggir jalan tersebut. Selain rambu, cara berkendaraan di sana juga agak berbeda. Salah satunya adalah tanda "stop" yg mana artinya harus benar-benar stop jika tak mau ditangkap polisi. Berbeda dengan di Indonesia atau Kuwait, para umumnya orang tidak benar2 berhenti pada tanda tersebut apalagi jika jalan di depannya kosong. Kepatuhan pengemudi pada tanda "stop" ini membuat lebih rileks ketika jalanan agak padat di persimpangan karena semua orang secara otomatis bergantian melewati persimpangan.

Masih ada satu lagi pengalaman yang berbeda ketika aku mengendara di Amriki yaitu pada saat itu adalah saat pertama kali aku mengendara menggunakan GPS. Sebagai anak ndeso dan kampungan -walaupun aku tahu apa itu GPS dan bagaimana cara kerjanya- namun aku belum pernah menggunakan alat tersebut sebelumnya untuk mengemudi. Rupanya teori tak sama dengan praktek. Aku pikir menggunakan GPS akan mempermudah perjalanan menuju tujuan. Walhasil yang terjadi tidak demikian. Aku malah mblasak-mblusuk selama satu jam di sekitar Santa Clara menyadari aku berada di tempat yang salah ketika tiba2 GPS berkata,"you reached the destination".

Kenapa bisa mblasak-mblusuk sekian lama dan malah sampai di tempat yang salah? Yang pertama adalah karena aku selalu terlambat berbelok ketika seharusnya sudah berbelok. Aku mengira masih harus menunggu di belokan yg di depan, eh ternyata ketika belokan tersebut aku lewati kok si GPS protes dan berkata,"Calculating Route". Sialnya, rute baru yg dilewati berputar-putar sehingga aku makin kehilangan orientasi aku ada di mana. Begitulah yang terjadi sehingga aku menghabiskan waktu satu jam lebih berputar2 di Santa Clara karena selalu luput ketika harus berbelok.

Lalu kok bisa sampai di tempat yang salah? Ini bukan disebabkan karena gagap teknologi melainkan karena gagap lokasi. Aku tak mengira ada dua tempat yang namanya hampir mirip, yaitu Monterey road dan Monterey highway. Ketika tidak melihat opsi yang highway ketika memilih yg road. Dan walhasil aku terpaksa harus termangu2 di tengah kota yang jauh dari tempat yang semestinya ingin aku tuju.

Huh, ternyata sudah pakai GPS masih juga nyasar. Dasar wong ndeso !!!

Tulisan terkait:

Comments

  1. wahh seru ya nyetir di Amrik .... YG PASTI GA KAYA DI KUWAIT. :D
    btw cerita in dong yg di Dubai bang...Thank you

    ReplyDelete
  2. gara2 GPS malah ada yang ketabrak truk malah.. skr dimana bang? dah di Dubai yah?

    ReplyDelete
  3. @Dina: Cerita yg di Dubai baru rencana akan mau dibikin nih

    ReplyDelete
  4. @ustadz Aziz: untung aku nggak sampai ketabrak truk. :P
    Iya nih, baru sampai Dubai. Lagi setting down sekarang

    ReplyDelete
  5. menurutku wajar aja nyasar di negeri orang, pake gps atau gak pake gps. orang bule kalo di indonesia juga bakal bingung gak karuan. mulai dari lampu merah yang diterobos oleh byk orang, pengendara yang gak kasih kesempatan utk pejalan kaki atau penyeberang jalan, atau pedagang yang jualan di badan jalan...pokoknya lengkaplah kekacauan kalo liat jalan2 di kota besar :-)
    salam...

    ReplyDelete
  6. kalo di Jakarta, percaya 100% sama GPS bisa2 nabrak tembok, hehe...

    ReplyDelete
  7. Mungkin kurang hafal daerahnya bank.Sebab dilihat gps dengan realitas beda sekali

    ReplyDelete
  8. Wah di Amrik lagi ada acara apa Bang Al?

    ReplyDelete
  9. sebagai cadangan bawa map manual aja, jd bisa saling kroscek dgn di GPS :D

    ReplyDelete
  10. Hi, saya suka dengan blog yang memakai template Mistylook, salam kenal..

    ReplyDelete
  11. wow, asyik banget bisa bersepeda di luar negeri, bisa blusukan kesana kemari, tapi enaknya bikin komunitas sepeda aja disana trus wira-wiri bareng, kan asyik tuh :-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurus Mencari Jodoh

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor