Pelanggan RSS?

Terprovokasi oleh Mas Budi Putra dalam tulisan ini, akhirnya saya mengubah feed saya yg tadinya hanya berupa summary menjadi full feed. Apakah betul pembaca setia itu adalah pelanggan RSS kita? Entahlah, secara sekilas sih yg namanya pelanggan itu memang lebih setia daripada yang cuma sekedar numpang lewat. Hanya saja aku masih belum tahu bagaimana caranya mengetahui siapa saja yg menjadi pelanggan kita, apa saja yg dibaca oleh pelangan RSS kita, dan topik-topik apa saja yg disukai oleh pelanggan RSS kita.  Seringkali informasi-informasi statistik seperti ini berguna bagi saya yg kadang-kadang kehabisan ide untuk menulis dan mencoba mencari ide dengan melihat permintaan pasar (halah, kayak pedagang aja).

Ada yang tahu bagaimana caranya memonitor statistik pelanggan RSS di wordpress.com?

Comments

  1. kalau saya menggunakan cara manual mas, saya menggunakan reader.google.com [untuk rss readernya] kemudian saya masukkan url rss site saya, nah kemudian disitu akan terlihat sudah berapa banyak yang "berlangganan" membaca blog kita!
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. sebagai pengguna berat google reader dengan ratusan feed, saya mendukung sekali gerakan Bank Al memberikan full content dan bukan sekedar summary...

    content yang hanya summary biasanya saya lewatkan, karena tidak ada waktu untuk buka halaman web satu persatu..

    selain itu saya juga menggunakan google reader secara offline, jadi seringkali saat tidak terhubung dengan internet saya baru membaca..

    memberikan hanya summary membuat saya lebih sering men-skip dari pada membuka halaman yang bersangkutan..

    ReplyDelete
  3. Qry: Terima kasih atas masukannya. Btw, apakah dengan cara itu juga akan terlihat juga topik-topik apa yg menarik bagi pelanggan feed reader kita? Atau cuma sekedar berapa banyak pelanggan feed-nya saja yg bisa diketahui?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurus Mencari Jodoh

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor