Tingkat Kebutuhan Blogger menurut Glasser

Sebetulnya sudah lama aku ingin menulis tingkat kebutuhan Glasser ini di blog-ku hanya saja tidak pernah kesampaian hingga hari ini. Berhubung Om Wadehel sedang membahas tingkat kebutuhan blogger menurut Maslow, maka aku pikir ini adalah momen yang tepat untuk meluncurkan tulisan ini.

Glasser mengatakan bahwa setiap manusia memiliki 5 kebutuhan, yaitu 1. Survival, 2. Love and Belonging, 3. Power, 4. Freedom dan 5. Fun. Masing-masing kebutuhan ini ada pada setiap orang secara bersamaan (tidak bertingkat-tingkat seperti teori Maslow) dan yg membedakan seseorang dengan orang yg lain adalah level atau score atas masing-masing kebutuhan tersebut. Ada orang yg mempunyai kebutuhan power sangat tinggi dan memiliki kebutuhan lainnya rendah, sementara yg lain ada yg memiliki kebutuhan power dan freedom sangat tinggi padahal love dan belongin rendah.

Ada penjelasan yang panjang yg bisa dibaca di bukunya William Glasser yg berjudul Choice Theory.  Buku ini konon menjadi salah satu kitab para psikolog dalam menangani pasien-pasiennya.  Saya tidak akan menjelaskannya di sini secara panjang lebar namun mencoba menjelaskannya lewat contoh saja.

1.  Survival
Blogger yg ngeblog karena kebutuhan fisik adalah blogger yg sedang memenuhi kebutuhan ini. Sebagai contohnya adalah blogger yg dibayar ketika menulis blog sehingga uang yg didapat bisa digunakan untuk makan

2. Love and Belonging
Ciri-ciri blogger dalam kategori ini adalah blogger yg menulis sesuatu supaya mendapatkan teman. Blogger yang dalam kelompok ini juga bisa diidentifikasi dari komentar-komentarnya pada blog lain. Blogger yg sering menulis "pertamaaax" dan komentar lucu-lucu di blog lain bisa termasuk dalam kelompok ini

3. Power
Ini cukup mudah dan banyak bisa kita temukan di blogosphere. Blogger yg senangnya menjelek2an orang lain, mencaci maki orang lain, atau hobby melakukan debat kusir termasuk dalam kelompok ini. Blogger dalam kelompok ini akan merasakan kenikmatan ketika dia dianggap pintar, hebat sehingga kebutuhan powernya terpenuhi. Selain tipe di atas, ada juga blogger yang memenuhi kebutuhan power dengan cara yang bijak, yaitu menunjukkan dirinya pintar tanpa menjatuhkan orang lain atau mencari musuh.

4. Freedom
Blogger dalam kategori ini adalah blogger yg ingin melakukan sesuatu seperti apa yg dia mau. Dia tidak suka diatur oleh orang lain atau aturan apapun yg mengikatnya. Makin kencang aturan mengikatnya, maka kebutuhan freedom-nya makin tidak terpenuhi. Blogger-blogger dalam kelompok ini biasanya stress jika berhadapan dengan blogger-blogger lain yg dalam kelompok 3 karena blogger dalam kelompok 3 senangnya mengatur, padahal si freedom blogger tak suka diatur

5. Fun
Glasser mendefinisikan kebutuhan Fun itu sebagai "the joy of learning".  Blogger-blogger dalam kategori ini cenderung membuat blog yang isinya terbuka dan bersedia menerima masukan.  Si Fun Blogger tidak hanya bahagia bisa membagikan ilmunya pada orang lain, namun juga gembira ketika orang lain berpartisipasi pada tulisan-nya dan menambah wawasan serta pengetahuannya.

Nah, kira2 demikianlah teori Glasser mengenai kebutuhan manusia yang memiliki prespektif berbeda dengan Maslow. Dengan pengetahuan ini, kira2 anda termasuk blogger dalam kelompok mana ya ?

Comments

  1. Fun blogging seems fun.
    I'll take it.

    ReplyDelete
  2. saya dikelompok ini : 3. power : Ini cukup mudah dan banyak bisa kita temukan di blogosphere. Blogger yg senangnya menjelek2an orang lain, mencaci maki orang lain, atau hobby melakukan debat kusir termasuk dalam kelompok ini. Blogger dalam kelompok ini akan merasakan kenikmatan ketika dia dianggap pintar, hebat sehingga kebutuhan powernya terpenuhi... hah ha ha

    ReplyDelete
  3. Kalau blog saya lebih condong yang mana ya, kasih masukan dong. Salam eksperimen aja.

    ReplyDelete
  4. #1: Berarti nge-blog karena motiviasi ingin belajar ya ?

    #2: He he he.... kita agak mirip ya ?

    #3: kayaknya termasuk kategori "fun" juga deh.

    ReplyDelete
  5. kenapa aq belum menemukan tipe diriku disana.. :(

    blogger yang suka makan.. :D mana nih golongannya ? :p

    ReplyDelete
  6. Mas Irdix, ini termasuk kebutuhan survival kayaknya deh. :)

    ReplyDelete
  7. ehhehehe.. masa gitu sih ? :-?

    tapi saya bukan kang kombor lho.. :p

    ReplyDelete
  8. maksudnya saya bukan menulis untuk cari iklan.. :p :p :p

    dan menjawab pertanyaan di

    http://irdix.wordpress.com/2007/04/25/analisa-chaos-adu-trapik-2007-p/#comment-44

    bukan maksudny adari pernyataan koment saya sebelumnya mengatakan kalo mas kombor sama dengan tipe blogger survival.. jangan salah arti.. ngeri euy kalo ada orang salah paham :)) :))

    edit-edit-edit.. sambil makan.. :p

    ReplyDelete
  9. Jangan khawatir, tidak ada salah pengertian kok. :)

    Analisa serius tentang blog sampeyan, tampaknya sampeyan termasuk orang yg ngeblog untuk memenuhi kebutuhan L&B (alias love and belonging). Salah satu alasan sampeyan ngeblog karena kepingin punya banyak temen. Bener ndak ?

    ReplyDelete
  10. Freedom and Fun!!!

    hiduup!!!

    Ma seneng nulis apapun, jelas ga jelas, nyambung ga nyambung, penting ga penting,, (agak aneh sih,,) ;)

    ReplyDelete
  11. Teori yg menarik.. Thanks for sharing, dude

    ReplyDelete
  12. Wah, asyik ya ngeblog itu... selain bisa mengamalkan ilmu, hati juga jadi senang :)

    Btw, Glasser itu siapa ya?

    ReplyDelete
  13. banyak teman naikin trafik + Pagerank he...hee...sambil nyebarin backlink

    Bangsat32
    http://slaxernation.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurus Mencari Jodoh

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor