Mekanisme bela diri di Wordpress ?

Saya baru saja membaca blog-nya Mas Arif, dan turut berduka cita karena account-nya di suspend oleh wordpress karena dia mengikuti kontes yg sedang hangat2-nya dibicarakan beberapa hari terakhir ini. Dan atas rasa belasungkawa saya, maka saya mencoba mencari-cari jawaban di wordpress, siapa tahu saya bisa menemukan cara menolong teman yg sedang kesulitan ini.

Tampaknya kali ini saya kurang beruntung, karena yg saya temukan di wordpress adalah jawaban ini, yg  pada intinya wordpress nggak mau tahu apakah kita tahu atau tidak TOS-nya sehingga keputusan wordpress sudah bulat dan tidak bisa diganggu gugat. Kabar ini mungkin akan menjadi musibah bagi sebagian korban yang sudah memiliki account sedemikian lama di wordpress dan memiliki blog yang sudah dengan telaten diisinya bertahun-tahun namun tiba-tiba lenyap begitu saja karena dia mengikuti sebuah lomba.

Mungkin ini memang bukan urusan saya, dan hanya urusan para korban. Namun kalau dipikir-pikir kasian juga teman kita yg menjadi korban karena ketidaktahuan padahal jika mereka tahu mungkin mereka tidak akan melakukannya.  Sebagai manusia yg kodratnya mengurusi orang lain karena manusia adalah manusia sosial, kira-kira apa yg bisa kita lakukan untuk menolong teman2 kita yg menjadi korban ini ?

Saya sendiri belum punya ide untuk saat ini. Adakah teman-teman lain yg punya ide ? Atau kita biarkan saja mereka jadi korban karena mereka "bodoh" ?

Comments

  1. Kalau menilik sebentar pada kasus account yang di suspend (walaupun ini bukan dalam konteks kontes tersebut), mungkin alternatif untuk menghubungi pengelola layanan tersebut (Automattic) bisa dilakukan.

    Saya rasa pengelola layanan WP.Com cukup kooperatif. Sepanjang memang bahwa argumen dapat diterima.

    Satu hal yang mungkin terlewatkan adalah bahwa ada TOS yang sudah disebutkan/dimiliki oleh layanan ini. Nah, kalau misalnya karena ketidaktahuan... ya mungkin untuk kedepan bisa melihat TOS sebuah layanan terlebih dahulu (bukan hanya dalam konteks WP.Com).

    CMIIW

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Bank Al..
    Blog saya sendiri termasuk blog yg disuspend, saya memang sudah mendaftar sebagai peserta SEO, tapi saya blom sempat mempostingkannya apalagi nyampah diberbagai blog dan baru hanya berupa draft saja.
    Jujur saya tidak tahu mengenai larangan di TOS wordpress tsb. Saya baru menyadarinya ketika seorang teman memberitahukan kepada saya. Tadinya saya merasa aman karena blom sempat mempostingkannya. Tapi ternyata blog saya termasuk yang disuspend.
    Saya tidak akan memaki maki pelapornya ga ada gunanya menurut saya.
    Cuman yang saya sayangkan seharusnya liat2 dulu kek isi blog yg bersangkutan baru ngelapor.

    ReplyDelete
  3. Cuman yang saya sayangkan seharusnya liat2 dulu kek isi blog yg bersangkutan baru ngelapor.
    cuma logika sederhana:
    kalau blog anda termasuk belum ada publikasinya, bagaimana nenda bisa melaporkannya?

    logika di atas sangat mudah dimengerti untuk orang yang berpikir jernih. namun lain soal jika orang tersebut sedang emosional.

    sebagai tambahan info, nenda cuma melaporkan dua blog. apakah anda merasa blog anda (yang belum ada isinya) termasuk yang dilaporkan?

    Tampaknya kali ini saya kurang beruntung, karena yg saya temukan di wordpress adalah jawaban ini, yg pada intinya wordpress nggak mau tahu apakah kita tahu atau tidak TOS-nya sehingga keputusan wordpress sudah bulat dan tidak bisa diganggu gugat.

    kalau anda klik link yang dikirim oleh biho om ganteng di posting anda sebelumnya, anda bisa membaca bahwa luthfi yang sempat di-suspend setelah berusaha berkorespondensi dengan matt bisa mendapatkan kembali blog-nya.

    ReplyDelete
  4. Dini hari ini saya sampai pada satu pernyataan:

    Calupict harus cebok. Celananya masih bau.

    http://abahapis.wordpress.com tidak ikut lomba tapi disuspend hanya karena posting tentang ngadutrafik. Calupict harus menjelaskan ini pada Matt, bukan Abahapis sendiri.

    Silakan cebok. Celana Anda masih bau.

    ReplyDelete
  5. Calupict, silakan cebok. Celana Anda masih bau.

    ReplyDelete
  6. YA udah gini aja, blog2 yg di suspend di data, trus ntar kita buatin surat rame2 ke matt, klo calupict ga mau bantuin ntar aku bantuu, amed yg benerin grammar-nya hehehehe... udah wis ga usah ribut, makanya to semua itu ada ethic-nya, supaya ga kisruh, nge blog juga bikin ethic, terutama mas2 yg sudah senior sp mas Roy dan mas Priyadi khan bisa tuh kasih panduan ethic biar jagat blogsphesre aman dan damai..., gimana?

    ReplyDelete
  7. nemenin luthfi, om ganteng bihoy, duduk di tikar bawa kartu remi -- kurang satu orang nih maen kartu..

    ReplyDelete
  8. *majegagik!*

    Orang terakhir datang...

    Setuju sama bu ev!!

    *ikutmainkartu*

    ReplyDelete
  9. Mau ikutan maen kartu tapi ternyata sudah pas waktu Wadehel nimbrung :-).

    Gelar tiker lagi, nonton yang pada main kartu.

    BTW, mungkin Luthfi bisa share 'apa aza sih yang dilakukan' waktu blog-nya tersuspend. Dengan demikian, mungkin rekan yang terkena dampak suspended bisa belajar dari situ.

    Waktu Luthfi announce soal blognya yang tersuspend, saya memang kirim email dukungan entah si Matt mudheng apa nggak :-D

    ReplyDelete
  10. saya juga posting "ngadutrafik 2007", berarti melanggar TOS juga khan? ;)

    ReplyDelete
  11. hoaaaa...
    ternyata kasusnya masih berlanjut...
    malah merembet ke kang kombor...
    hihihihihi

    *mas..
    mas...
    ikutan maen kartu donk :D

    ReplyDelete
  12. saya juga pernah kenan hack dan kehilangan account di yahoo.com...

    emang jadi panik sih...lah, email2 penting saya gak bisa dibuka je dan saya mengerti kenapa orang jadi lepas kontrol dan memaki-maki nenda karena wp-nya disuspend..

    ya karena panik itu..


    *mau gelar tiker, tapi gak mau main kartu*

    hehehehe...

    ReplyDelete
  13. #8 percuma :)
    http://wordpress.com/blog/2006/09/01/seo-contests/
    There are many blogs being created here by people wanting to use our blogs to try to win this contest. But WordPress.com is about blogging. It’s about communication, thoughts, news, and many other things in life. It is not about SEO.

    These blogs are not welcome and will be removed when found.

    bahkan wadehel pun komen disana :P
    yeah kill them all

    ReplyDelete
  14. Nah, sudah jelas. Kontes SEO memang tidak diperbolehkan, bukan? ;)

    Atau boleh, atas nama solidaritas dan toleransi? ;) Hohoho... :lol:

    ReplyDelete
  15. #17: Iya, memang tidak diperbolehkan oleh Matt. Hanya saja Matt atau wordpress tidak mengumumkannya di TOS.

    #18: Sepertinya tidak percuma. Masih ada peluang untuk dibebaskan kok, coba baca ini
    http://en.forums.wordpress.com/topic.php?id=3847&page=2&replies=66#post-25161

    Saya quote, "That is what I mean by individually - I'm not making people special, I'm not changing the end rules - I am trying to get people to keep their blogs even when the rules say it should be removed."

    Memang yg ngomong itu bukan Matt. Tapi sepertinya dia juga Key Master.
    Yg pada intinya, wordpress memahami manusia bisa salah dan masih akan memberi kesempatan untuk memperbaiki

    ReplyDelete
  16. saya punya juga http://pulsapulsa.wordpress.com (disuspend)
    kira2 knp ya
    padahal saya ga ikut kontes2 an :(

    ReplyDelete
  17. iya nih punyaku juga kena suspend, sebenarnya niat bikin blognya untuk reuni anak2 tapi karena respon anak2 minim yah terpaksa di isi ama macem2 jualan deh...hihihihi....
    maklum newbies baru belajar jadi gak tau...kalo dah kayak gini kan dah tau, trus kalo gak di suspend aku gak main ke blok sampeyan (cari di om google eh ada yang bahas di sini).

    (Saya sendiri belum punya ide untuk saat ini. Adakah teman-teman lain yg punya ide ? Atau kita biarkan saja mereka jadi korban karena mereka “bodoh” ?)

    korban???bodoh??? hmmm ............

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurus Mencari Jodoh

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor