Apa gunanya sekolah Komputer ?

Sudah cukup lama rasanya tidak menulis dalam bahasa manusia sehingga hari ini rasanya kepingin lagi menulis dalam bahasa manusia. Dan seperti biasa, jika sudah lama tak menulis, saya mengalami kebuntuan ide sehingga tidak tahu apa yg menarik untuk ditulis. Akhirnya, kembali ke metode lama, dengan blogwalking saya menemukan ide yg sedikit menarik minat saya untuk sedikit menulis hari ini.

Ide ini muncul dari tulisan Pak Budi yg berjudul Perlukah Sekolah Komputer. Pak Budi menjawab "Ya" pada tulisan tersebut, namun masih belum memberikan jawaban lebih detail pada tulisan tersebut. Kelihatannya Pak Budi akan menulisnya pada episode berikutnya, yang tentu saja sudah ditunggu-tunggu oleh khalayak ramai.

Saya sendiri melihat jawaban atas pertanyaan ini sangat relatif, yaitu bisa "Ya" dan bisa juga "Tidak". Mengapa saya menjawab demikian ? Karena sebelum menjawab pertanyaan itu, semestinya kita menjawab dulu pertanyaan,"Apa tujuan saya sekolah di sekolah komputer?".  Jika saya tak punya tujuan, maka jawaban atas pertanyaan itu sangat mendekati ke "tidak". Sedangkan jika saya punya tujuan, maka masih ada lagi pertanyaan lanjutan yg harus dijawab yaitu,"Apa gunanya sekolah komputer ?"

Sebagian orang mungkin ingin sekolah di sekolah komputer untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan tujuan ini, sekolah di sekolah komputer mungkin ada gunanya karena beberapa lowongan memang hanya meminta syarat ijazah sekolah komputer dan tidak mensyaratkan keahlian.

Di sisi lain, ada juga beberapa tempat yang tidak hanya membutuhkan ijazah sekolah komputer namun lebih mementingkan keahlian praktis. Sehingga ijazah sekolah komputer bukan jaminan bagi seseorang untuk mendapat kerja. Apalagi ditambah kenyataan bahwa ada banyak juga orang-orang yg tidak sekolah di sekolah komputer namun bekerja di area komputer dan bahkan bisa menjadi CCIE (eh, networking ini termasuk komputer khan ya ?) yang bahkan lebih diminati oleh employer dibanding seorang lulusan sekolah komputer namun tidak bisa apa-apa.

Akhirnya, saya kira tidak ada jawaban general atas pertanyaan,"Perlukah sekolah komputer ?" jika jawaban atas pertanyaan itu diharapkan berhubungan dengan "lapangan pekerjaan". Namun jika dihubungkan dengan "Ilmu Komputer", maka jawabannya adalah "ya". Sekolah di sekolah komputer itu perlu untuk mempercepat proses belajar karena si pelajar akan terbantu oleh adanya kurikulum dan pengajar yg ada di sekolah komputer tersebut. Tentu saja seorang bisa saja belajar sendiri alias autodidak (note: ini tulisannya bener nggak ya?), namun percepatan belajar sendiri tentu akan berbeda dengan belajar pada sebuah institusi yang sudah mengkondisikan seorang pelajar untuk lebih mudah mempelajarinya.  Hal ini tentunya berlaku bukan hanya untuk sekolah komputer, namun juga sekolah-sekolah lainnya termasuk sekolah menjahit sekalipun. Iya ndak ?

Comments

  1. sekolah komputer ini setingkat SMA atau gmn yah ..

    ReplyDelete
  2. Di postingannya Pak Budi ada tuh penjelasan lebih jauh tentang apa yg disebut sekolah Komputer. Silahkan click di sini

    ReplyDelete
  3. Prakteknya yang nyari kerjaan paling gampang tuh yang berbau-bau komputer lho bang al

    ReplyDelete
  4. #3: iya sih Njar. Namun saat ini kayaknya nggak harus "sekolah komputer" jika cuma untuk dapat kerjaan yg berbau komputer. Kursus aja dan dapat sertifikasi juga bisa.
    Entahlah kalau di suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  5. OOT:::

    salam kenal kang...

    sekolah komputer itu jelas perlu, otodidak juga perlu
    hehe

    ReplyDelete
  6. yg penting banget itu otodidak..
    klo masalah elmu, ya dari internet ato buku2 juga udh banyak..

    tapi klo ada sekolah komputer.. sepertinya bakalan banyak yg daftar..
    tapi hati2 tuh kompie nya bakalan dijadiin ujicoba para calon hacker..
    hehehehe...

    ReplyDelete
  7. Saya sendiri saya akan bertanya: "Apa gunanya sekolah ilmu komputer di Indonesia" :)
    kalo sekolah komputer untuk mendidik support IT sih sudah pasti diperlukan....

    Saya melihat banyak teman-teman lulusan "Computer Science" di Indonesia ternyata susah mendapatkan pekerjaan yang sesuai bidang keahliannya (referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_science) dan akhirnya jatuh ke bidang support IT, atau di bidang yang menggunakan IT sebagai alat bantu..

    satu-satunya pekerjaan yang cukup mudah didapatkan yang masih berhubungan dengan Ilmu Komputer adalah "Software Engineering". tapi masih cukup disayangkan juga, ternyata banyak teman-teman yang jatuh ke level "Programmer"..

    ada komentar?

    ReplyDelete
  8. #7: Memang lahan pekerjaan untuk lulusan "Computer Science" tidak banyak di Indonesia. Industri yg mempekerjakan lulusan "computer science" barangkali kurang laku di Indonesia karena perusahaan-perusahaan di Indonesia cenderung menggunakan produk jadi buatan luar. Kurangnya pasar ini mengakibatkan industrinya langka, dan otomatis lahan pekerjaan juga langka.

    ReplyDelete
  9. ehm...saya mahasiswa ilmu komputer di universitas brawijaya,,mungkin belum bisa dibilang bisa dalam hal programmer,,
    yang jelas saya bingung,tujuan utama kuliah yang pertama mungkin untuk mendapat ilmu yang lebih,,truss ada lagi,masalah pekerjaan,apakah ilmu komputer kurang diminati oleh perusahaan asing atau perusahaan2 besar lainy??? alasannya knapa??

    ReplyDelete
  10. #9. Ilmu Komputer (computer science) lebih banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan berbasis riset, yg jualannya adalah produk-produk hasil R&D-nya.
    Perusahaan-perusahaan berbasis RND ini akan tumbuh jika permintaan pasar akan produknya juga tinggi. Kecilnya permintaan pasar, akan memperkecil peluang tumbuhnya perusahaan-perusahan sejenis ini.

    Pada saat ini, perusahaan2 IT di Indonesia lebih banyak menjual support. Produk yang mereka jual adalah produk import (seperti Microsoft, Cisco, PeopleSoft, Oracle dan lain sebagainya) karena pasar di Indonesia pada saat ini lebih menyukai produk import.

    ReplyDelete
  11. saya saat ini mengelola sebuah lembaga pendidikan, muridnya lebih kurang 150, setingkat smp dan sma, sampai saat ini belum saya beri ijazah bila mereka lulus, mereka juga tidak sekolah di sekolah formal yang ada. perlu tidak mereka diberi ijazah? kalau masalah kemampuan mereka bisa lebih baik dari anak-anak seusia mereka/ setingkat mereka. ada yang bisa membantu saya untuk memberikan alasan perlu atau tidak berijazah?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurus Mencari Jodoh

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor