Taksi

Lain bis, lain pula dengan taksi.  Di Jakarta ada begitu banyak taksi. Ada yang kelas mewah dengan harga mahal denga layanan limo, ada yg kelas menengah dengan servise nama baik, ada yg tarif lama dengan taksi yang bagus dan nyaman, dan ada juga beberapa taksi bobrok yg nggak jelas apakah bisa sampai tujuan atau nggak. Karena begitu banyak pilihan taksi yg ada, penumpang taksi di Jakarta adalah raja, bisa memilih taksi mana saja yg sesuai dengan kebutuhan.

Di kuwait, taksi nggak sebanyak di Jakarta. Walaupun tidak sulit mencari taksi, namun di sini tidak ada taksi yg mau jalan dengan argo.  Kalau mau naik taksi harus tawar-menawar, mirip seperti Jakarta puluhan tahun yg lalu sewaktu hanya ada presiden taksi yg menguasai Jakarta.  Di jakarta sekarang, tentu saja masih ada taksi jelek yg pakai tawar menawar.  Namun kalau nggak suka tawar-menawar, bisa naik taksi yg pakai argo yg ada bejibun di Jakarta. Dan anehnya, di sini walaupun sudah tawar-menawar, taksi tetap jalan pakai argo. Jadi makin mangkel lihat argo-nya karena argo selalu lebih kecil dari hasil tawar-menawar deh. Makanya aku sampai sekarang malas naik taksi sendiri. Wong bahasa Arab aja belom bisa, gimana mau tawar-menawar? :D

Yg unik lagi di sini, taksi yg sudah kita tumpangi bisa tiba2 ditambahi penumpang lain di jalan seperti pengalaman Andra yg ditulisnya di sini. Beberapa hari yg lalu, sempat juga mengalami pengalaman yg mirip ketika pulang bareng Didats naik taksi. Tiba2 di jalan ada orang Indiahe ikut2an. Anehnya, dia yg nebeng belakangan, tapi maunya dianter duluan. Dan karena supirnya nggak mau anterin dia duluan, dia turun lagi deh. Aku yg nggak ngerti bahasa arab cuma bengong aja. Bayangkan jika yg masuk dan ikutan numpang itu homo, apa ndak ngeri?

Hmm, kapan ya taksi di sini bisa pakai argo dan banyak pilihan seperti di Jakarta?

Update:

Walaupun taksi di sini tawar menawar, namun setelah aku perhatikan, tawarannya ya cuma berkisar dari 1 hingga 1.5 KD. Jadi nggak butuh ilmu tawar-menawar yg ampuh. Cukup hapalkan saja: Dinar, Dinar ruba atau Dinar Nus.

Comments

  1. Di Bandung juga sama, nggak ada yang pake argo sebelum akhirnya datang BB... gila aja, Dago - Leuwi Panjang minta 50 rebu ...

    bank_al:
    Ya memang BB itu yg awal2nya membuat perubahan. Nanti lama2 juga akan ada tarif lama dan tarif baru deh kayak di Jakarta. :)

    ReplyDelete
  2. argo masih dinyalain... soale kalo sewaktu2 ada patroli polisi jadinya seperti resmi...
    semua taksi yang berhenti dijalan sebenare melanggar peraturan, karena peraturan semua taksi sebenare harus oncall, tapi polisi juga gak galak2 amat dan dibiarin aja walaupun tahu.. kecuali kalo pas marah2 aja... dibawah tempat kerjaku sering banyak yang ketangkep...
    tetanggaku di reggei (orang2) indonesia bayak juga yang nyambi jadi supir taksi plat hitam oncall costumernya yah temen2 indonesia juga..

    bank_al:
    Oh itu toh penjelasannya kenapa argo masih nyala. Baru tahu kalau cegat taksi di jalan itu illegal. Matur nuwun ya info-nya Mas.

    ReplyDelete
  3. [...] orang, jika makan di luar rumah. Naik bus rata-rata 200 fills, naik taxi tergantung supirnya, lihat review taksi bang al [...]

    ReplyDelete
  4. Bank Al suka mbayangin yang aneh-aneh, masak mbayangin orang Homo naik taksi sama kita.

    Kalau aku sih mbayangin, pas nggak ada kerjaan terus naik taksi, eh yang naik yang seger-seger deh (buah maksudnya...!:-), terus mereka yg dianter duluan, terus kita ngobrol yang enak-enak deh sampai tahu-tahu udah maghrib (eh ... kapan sholatnya ya? dosa deh jadinya...!:-)

    Salam

    ReplyDelete
  5. inget presiden taksi,jd inget kecil dulu,, swaktu bapak saya menjabat d presiden taksi,, makasih ya bg AL.. saya jd pgen bs sperti beliau..

    salam saya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurus Mencari Jodoh

Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor